Pages

30/03/2013

LAN dan WLAN

Mungkin pembaca sering mendengan atau melihat tulisan LAN maupun WLAN, keduanya adalah sekumpulan perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui sebuah Router.
Untuk LAN sendiri adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP sebagai penghubung antar satu baguan jaringan dengan bagian jaringan yang lain. sedangkan pada WLAN menggunakan teknologi wireless/nirkabel dimana data tidak ditransfer melalui kabel melainkan melalui udara menggunakan perangkat pemancar dan penerima.

WLAN biasanya dipasang pada area dimana banyak perangkat komputer bisa terhubung namun tidak dalam waktu yang sama. Tempat-tempat seperti cafe, resoran, bahkan di rumah karena WLAN memberikan keleluasaan bagi user untuk dengan mudah berpindah tempat dalam menggunakan laptop tanpa harus berurusan dengan kabel-kabel. sedangkan untuk LAN sendiri lebih sering digunakan pada tempat dimana komputer yang ada tetap/tidak berpindah-pindah.

Dalam hal kecepatan, LAN jauh lebih cepat daripada WLAN. Kecepatan WLAN masih terbatas pada kecepatan 54mbps, sedangkan LAN mampu hingga 100mbps. bahkan jika ditambah dengan peralatan tertentu kecepatan LAN dapat naik hingga 1000mbps atau setara dengan 1Gbps.

Dalam keamanan WLAN juga lebih mudah diserang atau dibajak daripada LAN. WLAN mudah diserang oleh siapa saja yang memiliki penangkap sinyal. akses kedalam jaringan dapat ditembus menggunakan Software tertentu. Bahkan, data yang ditranfer melalui WLAN dapat dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. sedangkan untuk melakukan hal yang serupa pada LAN harus scara fisik terhubung dengan router.

LAN maupun WLAN memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. penggunaan kedua jenis jaringan tentu saja tergantung pada kebutuhan sehingga dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.
Sekian pembahasan tentang LAN dan WLAN semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

No comments:

Post a Comment