Pages

30/03/2013

Perbandingan Windows 8 dan Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal)

Tidak terasa hampir 3 bulan blog ini terbengkalai, bukan karena sibuk atau apa tapi karena malas untuk update. hahaha... (jangan ditiru saudara-saudara) sekarang mulai harus rajin update soalnya dapet tugas buat ngisi blog sama Pak Toto(dosen matkul BI 2).

Kali ini saya akan membandingkan dua OS (operating system) terbaru dari dua platform terkemuka yaitu Microsoft dan Linux. Sebelum membahas perbandingannya, ada baiknya kalau lihat dulu System Requirements-nya.

Windows 8 System Requirements 

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with support for PAE, NX, and SSE2
RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)
Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver


Ubuntu 12.10 System Requirements

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster
RAM: 768 MB
Hard disk space: 5 GB

Wah, dari system requirement saja sudah terlihat jelas perbedaannya. Berikut adalah perbandingan menurut saya :

Penggunaan Tablet ataupun PC, namun menurut saya kurang cocok untuk PC karena fiturnya kebanyakan diperuntukkan bagi Tablet hanya PC
Keamanan Seperti pada Windows versi yang lain, keamanan pada windows 8 masih dapat dikatakan kurang baik. Segi keamanan dari platform Linux sendiri memang sudah menjadi kelebihan yang dapat diandalkan.
Internet Memiliki banyak aplikasi yang lagsung terintegrasi dengan internet sehingga mempermudah user dalam menggunakn inernet meski memiliki beberapa aplikasi khusus internet namun untuk performa menurut saya masih kurang.
Grafik Memiliki METRO dekstop yang lebih stabil dibanding AERO di win7 Desktop yang lebih efisien dan kompatibel dengan Cinnamon Desktop, Default Unity Theme, serta LUBUNTU(Older System)
Harga $200 Gratis
Kompabilitas Software memiliki kumpulan aplkasi yang sudah terintegrasi, tetap mampu menjalankan aplikasi dari versi sebelumnya. Terkadang ada software yang tidak kopatibeln namun dapat diatasi dengan bantuan emulator (misal WINE)
Kecepatan Lebih cepat dari pada OS versi sebelumnya tergantung dari perangkat yang digunakan
GUI Tampilan sudah bagus namun masih banyak BUG(gangguan) yang perlu diperbaiki. Tampilan dapat diubah sesuai selera user, baik menggunakan Gnome, maupun GUI lain.
Boot time 1-8 detik 1-9 detik
Sutting down Time 16 detik 8 detik

Sekarang anda bisa pilih sendiri mana OS yang mungkin cocok untuk anda gunakan. Saran saya adalah menggunakan ubuntu 12.10 karena selain open-source ubuntu juga tidak memiliki requirement yang tinggi.
Sekian artikel tentang Windows 8 dan Ubuntu 12.10, kalau ada yang perlu diperbaikin atau sekdar mau bertanya silahkan posting komen ^^)b

No comments:

Post a Comment