Pages

10/04/2013

My PI

Kali ini saya ingin menulis tentang PI (Penulisan Ilmiah). Setiap mahasiswa baik yang mengambil D3 maupun S1 di Universitas Gunadarma (gundar), pasti akan mendapatkan tugas untuk membuat PI atau dikampus lain biasa disebut Tugas Akhir (TA). Isinya tentang laporan dan steb-by-step penelitian kita terhadap suatu pembuatan / inovasi dibidang / jurusan yg kita ambil. Kalian bisa saja membuat PI tentang pembuatan website, pembuatan software, atau sistem.

Nah, PI yang sedang saya buat  adalah sebuah aplikasi untuk Platform Android berjenis aplikasi Augmented Reality. Android sendiri adalah sistem operasi open-source yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. sedangkan, Augmented Realty adalah teknologi untuk memasukkan benda maya kedalam realitas atau dunia nyata. Ide awal muncul dari sebuah film animasi berjudul Summer Wars. Didalam film animasi ini ada sebuah sistem bernama OZ didalam sistem bahasa tidak menjadi penghalang bagi para penggunanya dalam berkomunikasi karena telah terdapat sistem penerjemahan bahasa yang canggih. Maka mulailah saya mencari informasi lebih tentang sistem penerjemahan bahasa. Bermula ketika saya membeli sebuah smartphone Android dan tidak lama mengikuti seminar tentang Augmented Reality. Saya mulai merancang algoritma agar saya dapat menerjemahkan kanji dari bahasa Jepang. Terbayang oleh saya ketika pengguna cukup mengarahkan kamera smartphone ke arah sebuah kalimat atau kata yang mengunakan huruf bahasa Jepang kata tersebut langsung diterjemahka atau terganti dengan bahasa si pengguna. namun karena keterbatasan saya dalam ilmu maka saat ini PI yang saya buat hanya dapat menerjemakkan simbol yang berdiri sendiri(tunggal) dan terbatas pada bentuk font serta warna huruf dan background.

yah, kira-kira seperti itulah PI yang sedang saya buat. masih banyak kendala yang saya temui dalam pembuatannya. saya berharap dapat menyelesaikan PI ini tepat waktu dan segera sidang, biar cepat lulus hehehe.

No comments:

Post a Comment