Pages

15/07/2013

Sampai Kapan Android Mendominasi Pasar OS Dunia?

Kesuksesan Android menurutnya tak lepas dari banyaknya pilihan perangkat yang tersedia dengan berbagai merek. Samsung, lagi-lagi, diprediksi sebagai produsen Android terpopuler meskipun penjualan perangkat Android buatan LG dan Sony juga terlihat mengalami peningkatan.

Yang menarik, tahun ini Google Android telah mengontrol pasar smartphone dunia sebesar 68,3%. Dominasi Android ini akan terus bertahan hingga tahun-tahun mendatang tapi akan sedikit melemah di tahun 2016 dengan penguasaan pasar 63,8%. Di posisi kedua, tidak beranjak Apple iOS dengan 18,8%. Di tahun 2016, iOS diperkirakan mengalami lonjakan tipis dengan penguasaan pasar 19,1%. Catatan IDC, jika Apple tidak membuat produk dengan harga murah maka dominasinya di pasar masih akan terus tertinggal di belakang Android.

Sisanya, Windows Phone OS milik Microsoft menguasai pasar 2,6% di tahun 2012, sementara BlackBerry hanya 4,7% saja. Di tahun 2016, Windows Phone diprediksi naik hingga 11,4% sedangkan BlackBerry harus turun di 4,1%.

Dominasi mutlak Android di jagat smartphone bisa dibilang sudah bisa ditebak. Pasalnya, OS besutan Google ini disokong oleh banyak vendor. Sehingga dengan strategi 'keroyokan' ini, si robot hijau mampu meraup pangsa pasar yang lebih besar ketimbang pesaingnya. Berbeda dengan iOS dan BlackBerry yang sama-sama single fighter alias cuma diadopsi oleh perangkat smartphone keluaran Apple dan RIM.

No comments:

Post a Comment